Investor Taiwan Siap Tanam Modal di Medan

Rabu, 31 Agustus 2016 | 19:44

Analisadaily (Medan) – Wali Kota Medan, T Dzulmi Eldin menerima kunjungan Director Administration Taipei Economic and Trade Office (TETO) Indonesia, Tseng Wei-ming (Andy) di rumah dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan, Rabu (31/8).  

Dalam pertemuan itu terungkap sejumlah investor siap menanamkan modal di Kota Medan mengingat Taiwan dan Medan terikat dalam sister city

Penasehat Joko Dharmanadi selaku Ketua Ikatan Citra alumni Taiwan Indonesia (IKATI) Sumut dan Tongariodjo Angkasa (penasehat), Tseng Wei-ming mengatakan para investor dari Taiwan selama ini selalu berinvestasi di Pulau Jawa. Untuk itu pria yang sebelumnya bertugas di Chicago, Amerika Serikat itu ingin membawa para investor untuk menanamkan modal di ibukota Provinsi Sumatera Utara.

Ketertarikan Tseng Wei-ming membawa investor melihat banyak peluang investasi yang bisa dikerjakan di Kota Medan.

“Untuk itu saya siap untuk membawa investor Taiwan untuk berinvestasi kemari (Medan),” kata Tseng Wei-ming.

Tseng Wei-ming menjelaskan, hubungan kerjasama Taiwan dan Indonesia selama ini sudah terjalin dengan baik baik. Saat ini terdapat sekitar 240.000 TKI yang bekerja dari Indonesia, umumnya mereka berasal dari Bandung dan Surabaya dan ada sekitar 20.000 warga Indonesia yang menikah dengan warga Taiwan. Lalu ada sekitar 5.000 pelajar dari Indonesia yang menimba ilmu di Taiwan dalam program pertukaran pelajar.

“Saya sangat mendukungnya. Untuk itu kita akan melihat kota mana di Taiwan yang tepat untuk  hubungan sister city dengan Kota Medan. Kerjasama ini tentunya sangat penting, terutama sebagai media saling tukar menukar informasi dalam berbagai bidang pembangunan, kebudayaan maupun sosial ekonomi. Di samping itu mendorong citra positif bagi Kota Medan sebagai kota yang aman, terbuka dan bersahabat,” ungkap Eldin. 

(rdn/rts)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *