ICATI Sumut Gelar Pameran Pendidikan

Pelajar Indonesia yang be­­rangkat ke Taiwan melanjutkan stu­­di atau belajar bahasa Mandarin terus mengalami peningkatan tiap tahun. Karenanya, Ikatan Citra Alumni Taiwan Indonesia (ICATI) Sumatera Utara menggandeng Providence University Taiwan akan menggelar pameran pendidikan, Minggu 19 Maret 2017 di Hotel Aryaduta Medan.

Ketua ICATI Sumut Joko Dhar­­manadi mengatakan, pe­­luang kerjasama di bidang pendidikan antara Indonesia dan Taiwan terbuka lebar sejak Departemen Pendidikan Taiwan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menandatangani memorandum kerjasama pen­didikan tingkat tinggi pada 2011. Sedikitnya sekitar 170 kese­pakatan kerja sama telah terjalin.

Dilanjutkan Joko, siswa Indo­nesia yang melanjutkan studi ke Taiwan terus meningkat. Di tahun ajaran 2015-2016 tercatat sekitar 2.000 siswa yang belajar dinegara tersebut. Indonesia juga termasuk dalam lima besar asal pelajar asing di Taiwan.

“Setiap tahun, dari Sumut sendiri ada sekitar 300-400 pelajar yang melanjutkan studi ke Taiwan. Melalui pameran ini, ICATI memediasi mahasiswa yang ingin belajar ke sana sehingga mereka akan lebih paham dan mengerti tentang pendidikan dan kehidupan di sana,” katanya di Thongs Bakery & Cafe Jalan S Parman No 215 C-D Medan, Sabtu (11/3).

Sekretaris ICATI Sumut Sudi Chandi menambahkan, pendidikan di Taiwan menggunakan standar internasional, dikolaborasikan pendidikan dari Eropa dan Ame­rika serta memiliki sarana dan prasarana lengkap. Selain itu, biaya pendidikan dan biaya hidup di Taiwan cukup terjangkau dibandingkan negara lain.

“Yang pasti, kita kita ingin mendorong peningkatan mutu pendidikan masyarakat Indonesia. Ilmu yang didapat di sana bisa dikembangkan di dalam negeri kita sehingga semakin maju dan bisa bersaing dengan negara lain di era MEA ini,” tuturnya.

Ketua Panitia Pameran Dodi Huang didampingi Bendahara Panitia Emelia mengungkapkan, nantinya pemeran pendidikan ini akan diikuti 11 universitas Taiwan. Ditargetkan dapat menampung sekitar 600 pengunjung dalam sehari.

Ke depan, mengingat antusias pelajar di Sumut terhadap pa­me­ran pendidikan dan agar pelajar lebih memahami universitas Taiwan ini, ICATI menargetkan akan mengadakan pameran dua kali dalam setahun, bulan Maret dan September.

“Pameran pendidikan ini ter­buka dan gratis. Selain itu, universitas-universitas me­nye­diakan bantuan dana sekolah beasiswa bagi siswa dari negara ASEAN atau beasiswa biaya hidup,” tandasnya. (netty)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *