ICATI Sumut Teken MoU Beasiswa Pelajar

(Analisa/taufik wal hidayat) TEKEN MOU: Ketua ICATI Sumut Joko Dharmanadi (kanan) bersama Providence University Taiwan memperlihatkan berkas penandatanganan MoU tentang beasiswa pelajar di Medan, Minggu (19/3).

Medan, (Analisa). Ikatan Citra Alumni Taiwan Indo­nesia (ICATI) Sumatera Utara (Sumut) menandatangani  Memorandum of Understanding (MoU) beasiswa pelajar deng­an Pro­vidence University Taiwan, Minggu (19/3) di Me­dan.

Ketua ICATI Sumut Joko Dhar­manadi mengatakan penandatanganan kerja sama pendidikan tersebut untuk me­­­ningkatkan pertukaran bu­daya dan pendidikan antara Indonesia dan Taiwan.

Salah satu upaya yang telah dila­ku­kan mewujudkan kerja sama itu adalah pa­meran pendidikan bertajuk “Taiwan Higher Education Fair 2017” . Pameran ini juga didukung pemerintahan Taiwan.

Selain itu, menarik minat pelajar Indonesia menempuh pendidikan di Taiwan seka­ligus memperkenalkan universitas di Taiwan mulai program S1,S2 dan S3 atau program bahasa Mandarin.

“Sedikitnya 11 Lembaga Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta ternama yang ikut pameran ini terdiri dari para rektor, periset, dekan dan anggota staf pergu­ruan tinggi Taiwan yang bertanggung jawab di bidang pertukaran inter­na­sional dan kema­hasiswaan.Pengunjung pa­meran akan dapat ber­in­teraksi secara lang­sung dengan universitas dan jurusan yang diminati serta tata cara pendaftaran masuk dan beasiswa,” katanya didam­pingi Ketua Panitia Acara Dodi Huang dan Sekretaris ICATI Sumut Sudi Chandi.

Director Taipei Economic and Trade Officer Indonesia Chang, Shun Yen menga­takan, ada beberapa hal yang penting kenapa harus ber­sekolah di Taiwan.

Dijelaskannya, pertama, suasana di Taiwan sangat aman baik dari sisi keama­nannya, lingkungan sekolah, transportasi serta masyarakat di sana yang ramah dan mendukung. Kemu­dian, lan­jutnya, staf pendidikan yang ahli, sekolah sudah go internasional dan banyak beasiswa yang dapat diman­fa­atkan.

Pihaknya, kata dia, me­na­warkan banyak program pen­didikan di anta­ranya program kuliah Diploma gratis selama dua tahun yang diperun­tukkan mulai pelajar kelas II SMA sampai 40 tahun deng­an belajar keterampilan.

Biasanya, program ini dilakukan mulai Maret na­mun tahun ini menye­suaikan kondisi pendidikan Indonesia dengan rata-rata tamat sekolah pada Juni sehingga pendidikan di Taiwan dimulai September 2017.

Lebih lanjut dikatakannya ada juga program SMK Mandiri, di mana para pelajar mendapatkan pendidikan ke­juruan di bidang kuliner, komputer, elektronik ataupun kecantikan. Nan­tinya, selama tiga bulan mem­peroleh pendidikan kete­rampilan dan 3 bulan kemudian ma­gang dan digaji sesuai UMP atau jika di rupiahkan sekitar Rp8-16 juta per bulan. (twh)

2 thoughts on “ICATI Sumut Teken MoU Beasiswa Pelajar

  • March 8, 2018 at 11:46 pm
    Permalink

    Terimakasih untuk berita ini, saya tertarik mengikuti terus pemberitaan ttg ICATI, kalau boleh mohon segala info dapat masuk ke email saya, sarlonsmp10cimahi@gmail .com atau WA di nmr 081322974979.
    Terimakasih atas perhatian dan bantuannya
    Xie xie
    Sarlon Hutagaol
    Bandung

    Reply
    • March 20, 2018 at 2:25 pm
      Permalink

      Sdr/sdi Sarlon Hutagaol,
      Terima kasih atas dukungan anda, kami mohon maaf untuk sementara waktu kami belum bisa melakukan mailing di website ini. kami berharap anda untuk sering mampir ke website kami ini. terima kasih

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *