Taiwan Tingkatkan Kerja Sama dengan Sumut

Medan, (Analisa). Taiwan bersiap meningkatkan kerja sama berbagai sektor dengan Provinsi Sumatera Utara sejalan dengan program negara itu untuk meningkatkan hubungan baik dengan Indonesia.

Eksekutif di Kantor Ekonomi dan Dagang Taipe di Indonesia John C Chen di Medan, Jumat, mengatakan, pemerintah Taiwan mengeluarkan kebijakan baru yang antara lain untuk memperkuat kerja sama dengan Indonesia.

Penguatan kerja sama diharapkan bisa dilakukan di berbagai sektor khususnya bidang ekonomi, pertanian, dan pendidikan. “Sebagai salah satu provinsi berpotensi besar di Indonesia, Taiwan berharap bisa bekerja sama dengan Sumut,” katanya.

Untuk itu, kata dia, Kantor Ekonomi dan Dagang Taipe di Indonesia dan beberapa pengusaha Taiwan mengunjungi Sumut dan berdialog langsung dengan Gubernur Sumut HT Erry Nuradi untuk membicarakan potensi yang bisa dikerjasamakan.

“Taiwan berharap bisa meningkatkan kerja sama secepatnya di sektor pertanian sebagai respon kebijakan Presiden Joko Widodo soal ketahanan pangan Indonesia,” katanya.

Gubernur Sumut HT Erry Nuradi mengaku mengapresiasi ajakan kerja sama dan siap membuka diri untuk berbagai kesepakatan kerja sama tersebut.

“Taiwan diharapkan bisa mendorong pembukaaan kembali penerbangan langsung Taiwan-Sumut agar hubungan dagang dan pariwisata semakin terbuka lebar,” katanya.

Gubernur menjelaskan, sebelumnya sudah pernah ada penerbangan Taiwan-Medan ketika bandara udara masih di Polonia, Medan. “Dengan adanya penerbangan langsung diharapkan wisatawan Taiwan semakin banyak yang datang ke Sumut dan perdagangan antara Sumut dan Taiwan semakin mudah,”katanya. (Ant)

Please follow and like us:

One Reply to “Taiwan Tingkatkan Kerja Sama dengan Sumut”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *