Ujian TOCFL sebagai sertifikasi pendidikan tinggi Taiwan

Test Bahasa Mandarin sebagai Bahasa Asing (Test Of Chinese as Foreign Language,TOCFL) periode oktober 2018 telah sukses di laksanakan pada tanggal 14 oktober 2018 pukul 8.00 WIB hingga pukul 12.30 WIB bertempat di Perguruan Buddis Bodichitta jl.selam Medan,Sumatra utara.ujian TOCFL periode ini diikuti sekitar 50 orang. Test/ujian ini dilaksanakan dengan tertib dan teratur dan para siswa juga dengan serius mengikuti ujian ini.

Siswa peserta TOCFL serius mengisi lembar jawaban

Test Bahasa Mandarin sebagai Bahasa Asing (Test Of Chinese as Foreign Language,TOCFL) adalah test standarisasi Nasional Taiwan yang dirancang dan dikembangkan oleh National Taiwan Normal University untuk mengevaluasi dan menyatakan kemampuan berbahasa Mandarin untuk penduduk asing dan Overseas Chinese.Test TOCFL diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan Taiwan melalui Komite Pengarah Uji Profisiensi-Huayu.di luar Taiwan, administrasi pengujian dilaksanakan dengan kerjasama antar kantor perwakilan dan atau institusi pendidikan Taiwan setempat atau juga diselenggarakan oleh badan assosiasi alumni pelajar Taiwan setempat.untuk daerah Sumatra Utara dan sekitarnya di selenggarakan oleh ICATI-sumut (ikatan citra alumni Taiwan Indonesia – Sumatra Utara)

Sekitar 50 orang siswa mengikuti ujian TOCFL dengan tingkat kemahiran Band A,B dan C

Versi baru TOCFL memiliki empat band kemahiran: Novice, Band A, Band B, dan Band C. Setiap band memiliki dua level. Oleh karena itu, ada total delapan level: Novice 1 dan 2, diikuti oleh Level 1 hingga 6. Item pada tes masing-masing level adalah 50 item pilihan ganda, dijawab dalam 60 menit. Peserta tes dapat memilih tingkat tes yang paling sesuai untuk mereka berdasarkan kemahiran bahasa Mandarin dan latar belakang pembelajaran mereka.

Ujian sertifikasi TOCFL adalah syarat mutlak untuk masuk ke jenjang pendidikan Tinggi di Taiwan

Fungsi dan tujuan tes TOCFL yang mencapai persyaratan level akan menerima sertifikat. Sertifikat dapat berfungsi sebagai kredensial kemahiran berbahasa mandarin untuk:(1)Permohonan “Beasiswa Taiwan.(2)”Melamar program pendidikan akademik di perguruan tinggi atau universitas di Taiwan . (3)sebagai referensi Komite Masuk Universitas dari mata pelajaran bahasa mandarin untuk Siswa overseas chinese . (4)sebagai bukti ketrampilan berbahasa Mandarin yang dibutuhkan pekerjaan.

Saat ini banyak sekali program sarjana dan pascasarjana di Taiwan mengadopsi sertifikat TOCFL sebagai persyaratan untuk masuk atau sebagai evaluasi kemahiran bahasa mandarin. Selain itu, banyak perusahaan internasional di Taiwan, seperti LG telah mengadopsi TOCFL sebagai referensi untuk program karyawan mereka. Beberapa perusahaan luar negeri juga merujuk pada sertifikat TOCFL ketika perusahaan tersebut merekrut karyawan.

Bila saudara/i ingin mendapatkan informasi lebih lanjut silahkan menghubungi kantor ICATI di Jalan Brigjen Katamso Dalam No.56-E (Belakang/Samping Bank BCA), Medan, Indonesia. No telp : 061-4143735,No. Hp : 087867115599.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *