Belajar BOPOMOFO pasti pelafalan mandarin anda tepat dan standard

Bopomofo (ㄅㄆㄇㄈ) atau nama resminya Zhùyīn Fúhào (注音符號, arti harafiah: “Simbol untuk Mencatat Bunyi”, kadang juga disingkat Zhuyin), adalah sistem pelafalan fonetis bahasa mandarin standard  di Taiwan . BOPOMOFO digunakan dalam pengajaran bahasa mandarin paling dasar dan standar untuk pendidikan anak usia dini di Taiwan .fonetis ini menggunakan 37 simbol khusus untuk melambangkan bunyi-bunyi dan intonasi dalam bahasa Mandarin: 21 huruf mati dan 16 huruf hidup. simbol ini TIDAK menggunakan abjad atau alphabet romawi, sehingga pelafalannya tepat dan standar.Nama Bopomofo berasal dari empat suku kata pertama sistem fonetis ini (Bo-po-mo-fo).

Buku pelajaran pendidikan anak usia dini di Taiwan semuanya menggunakan phonetic BOPOMOFO sebagai pembelajaran, tidak menggunakan alphabet (pinyin)

Bopomofo didasarkan pada karakter Cina, dan dalam beberapa kasus keduanya identik. Oleh karena itu, dengan mempelajari Bopomofo, siswa dapat belajar  bahasa Mandarin dengan pelafalan yang tepat dan standar. Terkadang siswa yang mulai belajar bahasa Mandarin dengan Pinyin menjadi terlalu bergantung padanya, sedangkann pinyin alphabet dalam berbagai bahasa(negara) pelafalannya berbeda-beda dan siswa yang belajarpun mereka akan menjadi bingung dan tidak standard.

Keyboard komputer atau laptop di Taiwan juga telah dilengkapi dengan BOPOMOFO

Keuntungan penting lainnya dari Bopomofo adalah statusnya sebagai sistem fonetik independen. Tidak seperti Pinyin atau sistem Romanisasi lainnya, simbol Bopomofo tidak dapat disamakan dengan pengucapan lainnya.

Papan pembelajran yang menarik untuk belajar BOPOMOFO

Kerugian utama dari Romanisasi alphabet adalah bahwa siswa sering memiliki gagasan yang terbentuk sebelumnya tentang pengucapan alfabet Romawi. Misalnya, huruf Pinyin “q” memiliki bunyi “ch”, dan perlu sedikit upaya untuk membuat asosiasi ini. Di sisi lain, simbol Bopomofo  tidak dikaitkan dengan bunyi lain selain pengucapan Mandarinnya.

sejarah bopomofo Zhuyin Fuhao dikembangkan pada awal abad ke-20. Pada 1950-an, Tiongkok Daratan beralih ke Pinyin sebagai sistem fonetik resminya, meskipun beberapa kamus dari Daratan masih menyertakan simbol Zhuyin Fuhao.

Taiwan terus menggunakan Bopomofo untuk mengajar anak-anak sekolah. Bahan pembelajaran Taiwan yang ditujukan untuk orang asing biasanya menggunakan Pinyin, tetapi ada beberapa publikasi untuk orang dewasa yang menggunakan Bopomofo. Zhuyin Fuhao juga digunakan untuk beberapa bahasa Aborigin Taiwan.

Mari  belajar bopomofo untuk pelafalan bahasa mandarin yang tepat dan standard.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *